38 Mahasiswa DTP Lulus Sarjana dalam Wisuda 115 ITS
23 March 2017

foto : Septian D.A.

Pada Wisuda 115 ITS yang diselenggarakan 18 Maret 2017 kemarin, DTP kembali melahirkan 40 calon “pahlawan kemaritiman” bergelar Sarjana. Wisudawan didominasi oleh angkatan 2012 dengan lama studi 9 semester sejumlah 21 mahasiswa. Angkatan 2011 sebanyak 6 mahasiswa, angkatan 2010 sebanyak 3 mahasiswa, Angkatan 2009++ sebanyak 4 mahasiswa. Sebanyak 4 mahasiswa angkatan 2013 diantaranya lulus dengan lama studi 7 semester. Jumlah ini lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya 3 mahasiswa. Bahkan dua diantaranya lulus dengan predikat cumlaude. Jumlah lulusan 7 semester tahun ini merupakan yang terbanyak dari tahun tahun sebelumnya.

Masa studi rata-rata lulusan sarjana DTP #115 ini adalah 10.05 semester. Jumlah wisudawan yang lulus dengan Pujian (P) sebesar 5.26 %, berpredikat Sangat Memuaskan (SM) 81.58 %, berpredikat Memuaskan (M) 10.53 %, sementara yang Tanpa Predikat (TP) adalah 2.63 %. Nilai IPK rata-rata untuk wisuda kali ini adalah 3.23. Peraih IPK tertinggi adalah Deanissa Safira dengan nilai IPK 3.70 dan lama studi 7 semester. Fakta ini menepiskan rumor - rumor yang ada sekarang bahwa mustahil untuk lulus cumlaude dari DTP.

Kepala Departemen Teknik Perkapalan, Ir. Wasis Dwi Aryawan, M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada wisudawan dan orangtua wisudawan bahwa saat ini DTP sedang berbenah diri, memperbaiki sistem dan sarana prasarana pendukung kegiatan belajar mengajar. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam acara wisuda seperti saat ini, sudah menjadi tradisi bagi mahasiswa DTP untuk mengarak wisudawan dari Graha Sepuluh Nopember sampai ke DTP menggunakan atribut atribut kebanggan himpunan.

Menurut Kadep, wisudawan DTP adalah mahasiswa terpilih yang memperoleh kesempatan menyelesaikan studi di ITS. Wisudawan sudah di “gembleng” secara mental dan intelektual selama sekian tahun oleh dosen, lingkungan, sistem dan semua pihak. Kadep berharap bekal ilmu yang didapatkan selama menuntut ilmu di DTP ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan pribadi, masyarakat, bangsa dan negara. Wisudawan diharapkan mampu berkiprah, bekerja dalam dunia kemaritiman baik di dalam maupun di luar negeri. Kadep juga memberikan pesan kapada orangtua mahasiswa untuk tidak melarang anak - anaknya bekerja diluar negeri atau di luar pulau yang jauh dengan orang tua. Sebagai orang tua seharusnya mensupport anaknya dalam bekerja dimanapun dan bidang apapun yang diminati oleh anak.

Dalam acara pelepasan mahasiswa yang digelar di lapangan DTP itu juga, Pandu Heru Satrio, eks Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan yang juga menjadi wisudawan #115 menyampaikan pesan kepada teman - temannya. Pandu berpesan supaya tidak lupa akan almamater yang sudah membesarkan mereka. Tak lupa dia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada dosen, teman - teman, adek tingkat yang sudah membantu wisudawan dalam segala hal.


Ditulis oleh : Rizka Arie Hutama




BERITA POPULER