Dugaan Penyebab Tabrakan Kapal AS dan Liberia
24 August 2017

Sumber foto : KOMPAS.com

Kecelakaan kapal kembali terjadi. Kejadian terbaru adalah kapal perang milik Amerika Serikat USS John S McCain yang bertabrakan dengan kapal tanker berbendera Liberia di perairan Singapura. Akibat dari tabrakan ini kapal AS mengalami kerusakan berat di bagian lambung serta mengalami kelumpuhan sistem komunikasi dan permesinan.

Tabrakan kapal USS John S McCain dengan Alnic MC ini terjadi pada Senin (21/8/2017) pagi hari waktu setempat.

Menanggapi kejadian ini, akademisi Departemen Teknik Perkapalan ITS, Ir. Wasis Dwi Aryawan, M. Sc., Ph.D. turut memberikan keterangan. Beliau memberikan beberapa pendapat seputar penyebab kejadian tabrakan kapal ini.

Menurut Wasis, Tabrakan kapal Amerika dengan Liberia ini kemungkinan terjadi karena beberapa faktor. Yakni karena lalu lintas kapal di perairan Singapura padat, cuaca buruk yang terjadi di perairan itu (Singapura), atau alur perairan yang berkelok kelok. Namun tidak menutup kemungkinan ini terjadi karena kelalaian manusia atau adanya peretasan system navigasi kapal seperti yang ramai diperbincangkan.

Wasis juga menuturkan bahwa tabrakan ini bisa dihindari apabila protokol yang mengatur lalu lintas kapal, COLREGs 1972, diterapkan. Protokol ini memang dirancang untuk mengatur lalu lintas kapal, serta memprioritaskan kapal jenis apa yang boleh melintas terlebih dahulu apabila berada pada jalur yang sama. “Dalam kasus ini kapal tanker yang harus diberi prioritas, artinya kapal angkatan laut John McCain harus menghindar” tuturnya.

Kasus ini masih dalam penyelidikan oleh beberapa pihak. Indonesia, Malaysia, dan Singapura pun ikut terlibat dalam proses evakuasi.


Ditulis oleh : Rizka Arie Hutama




BERITA POPULER