ALUMNI FAKULTAS TEKNOLOGI KELAUTAN ITS (ALFATEKELITS) KEMBALI BERKUMPUL DALAM ACARA SARASEHAN DAN MUSYAWARAH NASIONAL
12 May 2017

Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya kembali menggelar acara untuk mempertemukan alumninya. Acara yang bertajuk Sarasehan Maritim dan Musyawarah Nasional ALFATKELITS ini diikuti setidaknya 127 orang dari berbagai kalangan. Selain temu kangen, kegiatan ini juga bertujuan untuk membahas isu - isu maritim yang ada di Indonesia. (Sabtu, 6/5)


Ir. Wasis Dwi Aryawan, M.Sc., Ph,D., ketua pelaksana, membuka acara ini sekaligus menyampaikan harapan - harapannya kepada para alumni FTK. Beliau menyampaikan bahwa semangat untuk membangun maritim Indonesia adalah tujuan utama alumni FTK. Selain itu semangat kesatuan dan persaudaraan alumni FTK yang selama ini diagung agungkan harus tetap dijaga. Melalui acara seperti inilah caranya, setidaknya ada pertemuan rutin setiap tahunnya.Sarasehan ini menampilkan beberapa pembicara diantaranya Prof. Ir. Soegiono (Pendiri FTK), Ir Soerjono, M.M. (Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian) dan Prof. Ir. Syarif Widjaya, Ph.D. (Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, KKP).

Dalam sambutannya, Prof. Soegiyono menyampaikan bahwa alumni FTK diharapkan untuk bekerjsama dan menjaga masalah internal agar tidak tersebar ke pihak luar. Sebagai kalangan akademisi, beliau juga menyampaikan bahwa lulusan FTK diharapkan untuk tetap berbesar hati dan percaya diri. Lulusan FTK diharapkan untuk memberikan informasi-informasi terkait pengalaman di lapangan kepada pihak kampus.

Selain Soegiyono, Ir Soerjono, M.M. juga turut menyampaikan pandangannya mengenai kemaritiman Indonesia dan kondisi alumni FTK. Beliau berpesan kepada alumni yang bekerja di pemerintahan supaya berhati-hati dalam menjalankan setiap perintah. Alumni diharapkan untuk memikirkan cara agar neraca keuangan bisa seimbang, karena hal ini akan mempengaruhi kebijakan pemerintah. Terakhir beliau menyampaikan bahwa sesama alumni diharapkan bisa bekerjasama dengan ranah bidang lain dan siap ditempatkan dimana saja.

Prof. Ir. Syarif Widjaya, Ph.D. menyampaikan tiga hal yang harus selalu diperhatikan oleh alumni : pengetahuan, keterampilan dan sikap. Alumni diharapkan selalu waspada dan hati-hati dengan networking, tidak terlena dengan jabatan dan teliti terhadap semua pengambilan keputusan. Hal ini disampaikan terkait dengan maraknya kasus suap dan korupsi di Indonesia.

Sebagai pihak yang bekerja di sektor pemerintahah, Syarif menyampaikan permasalahan yang sedang dihadapi Indonesia saat ini yaitu dari 120-an galangan di Indonesia hanya 60 galangan yang lolos verifikasi. Indonesia belum bisa order 1000 unit mesin kapal, sehingga program pembanguan 3000 kapal tidak bisa berjalan. Hal ini diketahui karena kita tidak bisa berjalan sesuai sistem. Potensi perikanan dan perkapalan di Indonesia sudah kuat. Ada 463 titik di Indonesia yang mampu digali harta karun, saat ini berkembang offshore kerambah jaring laut. Jepang dan Norwegia sudah membuat. Belum ada satu pabrik di Indonesia yang membangun floating cage. Peluang bisnins banyakyang mampu mengembangkan negara



Ditulis oleh : Rizka Arie Hutama




BERITA POPULER