MOU ITS dengan MNU Korea disaksikan Ibu Megawati
05 December 2017


Tanggal 16 November 2017, ITS melakukan penandatanganan MOU bersejarah di Mokpo, Korea Selatan. Disebut bersejarah karena perjanjian kerjasama ini disaksikan langsung oleh Presiden Indonesia yang ke 5, Ibu Megawati Sukarno Putri, dan dua Duta Besar (Dubes RI di Korea dan Jepang) serta delegasi Indonesia dari DPR, Pemerintahan maupun swasta. Kok bisa?

Ceritanya sekitar bulan September 2017 yll, ITS dikunjungi tamu dari Mokpo National University (MNU) Korea yang terdiri dari; Presiden/Rektor, Wakil Presiden, Direktur Sekolah Pascasarjana, Direktur Kantor Internasional dan beberapa staf MNU yang ingin menjajagi kerjasama pendidikan dan penelitian, khususnya program double degree dalam bidang Perkapalan dengan ITS. Mereka rupanya sedang di Indonesia dalam rangka mengkaji rencana mereka memberikan gelar Dr(hc) kepada Ibu Megawati. Rupanya dalam dialog mereka saat bertemu Bu Mega di Korea sebelumnya, MNU yang memang menjadi salah satu penghasil sarjana Teknik Perkapalan yang mensupply industri2 kapal besar di Korea (saat ini Korea adalah negara terbesar dalam industri kapal angkut/tanker di dunia) diminta oleh Bu Mega agar mengajak universitas di Indonesia bekerjasama dalam bidang pembuatan kapal ini. Karena ITS adalah merupakan PTN yang paling kuat dan paling tua dalam hal ‘Naval Architect’ ini di Indonesia, maka atas inisiatif Prof Rokhmin Dahuri, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, pihak MNU lalu dihubungkan dengan ITS.

Proses lalu berlanjut, dari diskusi di Kampus ITS dan berlanjut jarak jauh selama 2 bulan, proses MOU menjadi semakin dekat. Lalu, secara mendadak, dua minggu lalu saat ITS sedang sibuk-sibuknya menyiapkan Dies Natalis ke 57, pihak MNU memberitahu bahwa upacara pemberian gelar Dr(hc) Bu Megawati akan diselenggarakan pada tanggal 16 November 2017 di Mokpo, kota yang terletak di sebelah barat daya Korea, dan mereka mengundang ITS untuk hadir sekalian menandatangani MOU.

Beruntung minggu ini kami agak jeda acaranya, sehingga bisa dengan segera mengatur kunjungan ke Korea sekaligus mengunjungi industri-industri besar kapal yang ada di sana yang menjadi mitra Mokpo agar jelas gambaran potensi mereka.

Jadilah semuanya berlangsung dengan lancar. Walaupun kami hanya singkat berada disana, yaitu 2 hari, karena banyak agenda lain yang harus diselesaikan di ITS. Namun prosesnya sangat berkesan, apalagi saya didaulat oleh Presiden MNU untuk mewakili delegasi Indonesia dalam memberikan ucapan selamat kepada Bu Megawati dalam upacara pemberian gelar Dr(hc) tersebut.

Semoga program kerjasama double degree program Sarjana dengan Korea ini berjalan lancar, serta nanti mahasiswanya dalam proses pendidikannya di ITS harus ‘nyantrik’ di MNU sekaligus magang di industri kapal besar di Korea, seperti Hyundai Shipyard, Daewoo dsb.

Terima kasih kepada Bu Megawati yang telah menggunakan klausul “harus ada kerjasama dengan Universitas di Indonesia” dalam menerima pemberian gelar Dr(hc)-nya sehingga ITS berkesempatan untuk bekerjasama dengan MNU dan mendapat peluang bagi mahasiswanya untuk magang di Industri2 kapal yang besar dan modern di Korea nantinya.

VIVAT!!!
(Mokpo 16/Nov/2017)




BERITA POPULER