HISTORY


Departemen Teknik Perkapalan (DTP) didirikan pada tahun 1960 bersamaan dengan lahirnya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Untuk lebih jelasnya sejarah DTP dapat dilihat pada diagram di bawah, sedangkan sejarah ITS dapat dilihat di sini.




Departemen Teknik Perkapalan (DTP) didirikan bersamaan dengan lahirnya ITS yaitu pada Tahun 1960. Seiring berjalannya waktu, DTP mengalami banyak perubahan baik dari nama, lokasi kampus, pimpinan departemen, dan lainnya sesuai dengan bagan yang tercantum di atas. Pada awal berdirinya, DTP dipimpin oleh Dipl. Ing. B. G. Munaf yang namanya kini dijadikan salah satu nama ruangan di departemen ini. Pada saat itu DTP berlokasi di Simpang dukuh dan menyandang status sebagai departemen. Status ini kemudian berubah menjadi fakultas selama beberapa periode kepemimpinan mulai dari Dipl. Ing. Hariadi Soemarsono sampai Prof. Ir. Soegiono.

Pada masa kepemimpinan Prof. Ir. Soegiono tepatnya pada tahun 1983, Fakultas Teknik Perkapalan melahirkan 2 jurusan yaitu Jurusan Teknik Permesinan Kapal (sekarang menjadi Departemen Teknik Sistem Perkapalan) dan Jurusan Teknik Lautan (sekarang menjadi Departemen Teknik Kelautan). Dengan demikian maka Fakultas Teknik Perkapalan berubah menjadi Fakultas Teknologi Kelautan (fTK) dan memiliki 3 jurusan:

  • Jurusan Teknik Perkapalan
  • Jurusan Teknik Permesinan Kapal
  • Jurusan Teknik Lautan

Dengan dibentuknya FTK maka Prof. Ir. Soegiono resmi menjadi dekan pertama FTK dan Jurusan Teknik Perkapalan dipimpin oleh Digul Siswanto, M.Sc. Lokasi kampus pun berpindah dari Simpang Dukuh ke Gedung H ITS Sukolilo (Lab Hidrodinamika sekarang) dan di Basuki Rahmat. Selama beberapa periode selanjutnya lokasi kampus kembali dipindah hingga akhirnya kini menetap di gedung W dan WA Kampus ITS Sukolilo.

Jurusan Teknik Perkapalan kembali melahirkan satu jurusan baru yaitu Jurusan Transportasi Laut. Lahirnya jurusan ini terjadi pada saat kepemimpinan Ir. Triwilaswandio W.P., M.Sc., pada tahun 2011. Dengan lahirnya jurusan baru ini maka jumlah jurusan di FTK manjadi 4 jurusan:

  • Jurusan Teknik Perkapalan
  • Jurusan Teknik Sistem Kapal
  • Jurusan Teknik Kelautan
  • Jurusan Transportasi Laut (sekarang menjadi Departemen Teknik Transportasi Laut)

Pada Desember 2016, ITS resmi manjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Dengan bergantinya status tersebut maka ITS mengalami banyak perubahan dalam struktur organisasinya, termasuk didalamnya adalah perubahan nama Jurusan menjadi Departemen. Oleh sebab itu sejak tahun 2016, nama Jurusan Teknik Perkapalan berubah menjadi Departemen Teknik Perkapalan.