BIDANG KEAHLIAN

Departemen Teknik Perkapalan memiliki kompetensi utama dalam mempelajari, meneliti, merancang dan mengembangkan ilmu pembangunan kapal (naval architecture and shipbuilding) serta pengembangan sistem transportasi dan bisnis pengoperasian armada kapal (sea transaportation and shipping business).

Terdapat dua bidang keahlian di Departemen Teknik Perkalapan ITS :

1.

Rekayasa Perkapalan







Bidang minat ini meliputi terbagi menjadi tiga pilihan yaitu Konstruksi dan Kekuatan Kapal, Desain Kapal dan Hidrodinamika. Secara umum, bidang minat ini fokus terhadap masalah perencanaan dan analisa konstruksi, kekuatan dan getaran badan kapal. Berikut ini Penjelasan bidang bidang tersebut:



Desain Kapal









Desain, sesuai dengan namanya akan memberikan Anda pembelajaran terkait perancangan kapal. Sebagai mahasiswa Anda akan mendapat keterampilan dan pengetahuan untuk melakukan kegiatan perancangan kapal. Perancangan kapal adalah sebuah aktivitas untuk menciptakan informasi yang diperlukan untuk pembangunan kapal. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam melakukan desain kapal adalah seperti pembuatan lines plan, general arrangement dan 3D Model dengan memperhatikan spesifikasi teknis atau spesifikasi yang diminta oleh pemilik kapal (owner requirements) dan regulasi-regulasi nasional maupun internasional.  Selain itu Anda juga dapat  mengusulkan konsep konsep baru atau desain baru dalam menghadapi permasalahan batasan desain yang ada. Sehingga Anda dapat mengembangkan solusi teknis untuk memenuhi tujuan desain.


Kontruksi dan Kekuatan Kapal




Sebagai Mahasiswa Anda akan diberikan keterampilan dan pengetahuan untuk menilai, menganalisis dan memastikan bahwa kapal secara desain memiliki kekuatan atau ketahanan dari beban kapal itu sendiri atau gaya dari luar seperti ombak laut dan angin. Untuk memastikan hal tersebut maka Anda akan dilibatkan dengan melakukan pemilihan material kontruksi kapal, analisa struktur kekuatan global dan lokal kapal, getaran komponen struktur beserta respon gerakan kapal saat kapal beroperasi.


Hidrodinamika








Pada bidang ini Mahasiswa akan diberikan pemahaman dan ketreampilan untuk menganalisis, fenomena aliran air disemua badan kapal yang terkena air seperti lambung, jalur kemudi, baling baling kapal, serta fenomena yang terjadi pada macam macam gerakan kapal dan manuver kapal.










2.

Produksi dan Manajemen Perkapalan






Bidang minat ini meliputi masalah perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan pembangunan dan reparasi badan kapal dan perencanaan galangan kapal.