BIDANG KEAHLIAN

Departemen Teknik Perkapalan memiliki kompetensi utama dalam mempelajari, meneliti, merancang dan mengembangkan ilmu pembangunan kapal (naval architecture and shipbuilding) serta pengembangan sistem transportasi dan bisnis pengoperasian armada kapal (sea transaportation and shipping business). DTP memiliki 4 Rumpun Mata Kuliah (RMK) sebagai berikut:









RMK Desain Kapal...
Pada bidang ini, mahasiswa akan mendapat keterampilan dan pengetahuan untuk melakukan kegiatan desain kapal. Mendesain kapal adalah sebuah aktivitas untuk menciptakan informasi yang diperlukan untuk pembangunan kapal. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam melakukan desain kapal adalah pembuatan lines plan, general arrangement dan 3D Model dengan memperhatikan spesifikasi teknis atau spesifikasi yang diminta oleh pemilik kapal (owner requirements) serta regulasi nasional & internasional.  Selain itu mahasiswa juga dapat mengusulkan konsep-konsep baru atau desain baru dalam menghadapi permasalahan batasan desain yang ada. Sehingga mahasiswa dapat mengembangkan solusi teknis untuk memenuhi tujuan desain.



RMK Hidrodinamika...
Pada bidang hidrodinamika, mahasiswa akan mendapatkan pemahaman dan keterampilan untuk menganalisis fenomena aliran air disemua badan kapal yang terkena air seperti lambung, jalur kemudi, baling baling kapal, serta fenomena yang terjadi pada macam-macam gerakan kapal dan manuver kapal. Bidang ini membahas secara menyeluruh bagian kapal yang tercelup didalam air dalam kaitannya mendapatkan desain lambung yang terbaik sehingga mampu memiliki hambatan minim serta olah gerak dan stabilitas yang baik. Mahasiswa yang mengambil bidang ini dapat memanfaatkan fasilitas laboratorium hidrodinamika dan berbagai software analisis yang disediakan DTP.















RMK Konstruksi & Kekuatan Kapal...
Mahasiswa akan mendapatkan keterampilan dan pengetahuan untuk menilai, menganalisis dan memastikan bahwa kapal yang didesain memiliki kekuatan atau ketahanan terhadap beban kapal itu sendiri (muatan & konstruksi) maupun gaya dari luar seperti ombak dan angin. Untuk memastikan hal tersebut maka mahasiswa akan dihadapkan pada kasus (proses) pemilihan material kontruksi kapal, analisa struktur kekuatan global dan lokal kapal, getaran komponen struktur beserta respon gerakan kapal saat kapal beroperasi. Pada umumnya, mahasiswa yang mengambil bidang ini akan banyak berkecimpung dengan pengujian material di laboratorium (DT & NDT) serta pengujian menggunakan software



RMK Teknologi dan Manajemen Produksi Kapal...
Bidang minat ini meliputi masalah perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan pembangunan dan reparasi badan kapal dan perencanaan galangan kapal.







Ship building process...

Witness the construction process of AIDA Cruises' new flagship in Nagasaki: AIDAprima, which was recently christened on the Elbe on Saturday the 7th of May 2016, during the Hamburg Hafengeburtstag (harbour birthday) festival.

________

source: MK timelapse GmbH
Published on June 6, 2016