KEGIATAN MAHASISWA

Secara umum yang dimaksud kegiatan kemahasiswaan adalah suatu kegiatan yang bersifat ekstra kurikuler untuk melengkapi kegiatan intra kurikuler, yaitu suatu kegiatan yang dilaksanakan di dalam maupun di luar kampus tanpa diberi bobot sks, yang meliputi : pengembangan penalaran dan keilmuan, bakat minat dan kegemaran, kesejahteraan mahasiswa, serta bakti sosial mahasiswa. Dengan adanya kegiatan tersebut dapat menambah pengetahuan, belajar berorganisasi, belajar berkomunikasi, belajar memecahkan masalah bagi mahasiswa Departemen Teknik Perkapalan.



Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa DTP mencakup hal - hal sebagai berikut : 




1. Semarak Mahasiswa Perkapalan (SAMPAN)

Merupakan serangkaian kegiatan yang setiap tahunnya selalu diadakan oleh mahasiswa Departemen Teknik Perkapalan FTK ITS. Serangkaian kegiatan dari SAMPAN merupakan kegiatan yang berbasis keprofesian yang selain itu juga menampilkan keunggulan dan kekhasan dari dunia maritim.


Hasil gambar untuk sampan 10.its.ac.id
Gambar terkait
Hasil gambar untuk sampan 10.its.ac.id
 Selengkapnya...


  • Surabaya Fisherman Sailing Competition (SFSC) merupakan suatu kegiatan lomba yang diadakan khusus untuk nelayan. Event SFSC ini merupakan kompetisi balap layar antar nelayan se-Surabaya dan sekitarnya. Selain itu, SFSC juga mengadakan pesta rakyat

  • Nasional Ship Design & Race Competition (Nasdarc) merupakan lomba race prototype kapal yang dikendalikan dengan remote control. Lomba ini dibagi menjadi 2 kategori yaitu kategori siswa SMA/Sederajat dan kategori mahasiswa dengan target seluruh peserta se-Indonesia.

  • Lomba Karya Cipta Maritim Nasional (Lokarina) adalah penulisan karya tulis yang kemudian diikuti dengan pembuatan prototype atau pemodelan dan presentasi karya tulis

  • Dialog Interaktif (DI) merupakan suatu kegiatan yang mempertemukan pemerintah, masyarakat, para ahli, praktisi industri, serta civitas akademik yang bertujuan mendiskusikan hingga menyelesaikan suatu masalah yang ada dibidang kemaritiman Indonesia.

  • Sampanesia merupakan closing event dari deretan kegiatan SAMPAN. Kegiatan ini berupa acara pentas seni sekaligus branding untuk Departemen Teknik Perkapalan ITS.






 

2. Pelayaran Iptek

Dalam meningkatkan kualitas institusi dan sumber daya mahasiswa bidang maritime, DTP mengadakan kegiatan Pelayaran Iptek yang merupakan bagian dari Mata Kuliah Pengenalan Kemaritiman, maka seluruh mahasiswa baru DTP mendapat kesempatan untuk memahami seluk beluk dunia maritim dengan berlayar menggunakan kapal milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) selama empat hari di Laut Jawa.

Hasil gambar untuk pelayaran iptek
Hasil gambar untuk pelayaran iptek
Gambar terkait
Hasil gambar untuk pelayaran iptek
 Lihat Dokumentasi




3. Studi Ekskursi

Merupakan acara rekreasi edukasi yang dilakukan oleh mahasiswa DTP dengan mengunjungi perusahaan-perusahaan dengan tujuan menggali informasi yang diharapkan dapat membawa hasil positif dan konkret, serta dapat diterapkan.

LostFile_JPG_9330880
LINE_P20170419_021032817
Hasil gambar untuk teknik perkapalan its

Lihat Dokumentasi





4. Kegiatan Pengembangan Penalaran dan Keilmuan

Hasil gambar untuk pelatihan maxsurf ITS


  • Ristek merupakan kegiatan keilmiaan, aplikasi teknologi yang bisa diwujudkan dalam penulisan karya tulis mahasiswa dan pengabdian masyarakat yang bersifat membantu atau terjun ditengah-tengah masyarakat di dalam kota maupun luar kota, dalam rangka kepedulian mahasiswa atau perguruan tinggi terhadap masyarakatnya

  • Kastrad merupakan wadah kemahasiswaan dalam bidang kajian strategis yang ruang lingkupnya membahas isu-isu nasional yang fokus pada bidang maritim.

  • DERAP! Magazine majalah yang diterbitkan oleh HIMATEKPAL yang berisi tentang DTP dan kegiatan mahasiswa.









5. Kegiatan Bakat, Minat dan Kegemaran

  • Hydromodeling Club merupakan suatu wadah kegiatan kemahasiswaan dalam bidang perancangan kapal dalam skala model dengan menggunakan motor engine, baterai serta cell surya (Solar Cell).

  • English Club merupakan sarana berkumpul dan belajar bersama untuk mengerti dan memahami cara berbicara dalam bahasa inggris.



6. Kegiatan Kemahasiswaan

  • Pelatihan ditujukan untuk mahasiswa dengan tujuan membantu dalam proses studi antara : pelatihan autocad, maksurf, dan ANSYS.

  • Tutorial merupakan kegiatan pendampingan dari grader dalam hal akademik.

  • Kesejahteraan Mahasiswa mempunyai ruang lingkup konsultasi personal mahasiswa dan beasiswa.




7. Pengembangan SDM

  • Regeneration merupakan pelatihan yang diberikan kepada mahasiswa calon pengurus organisasi HIMATEKPAL.

  • Pemetaan mahasiswa merupakan database persebaran mahasiswa HIMATEKPAL dalam keorganisasian di Keluarga Mahasiswa ITS.

  • Pelatihan keorganisasian merupakan pelatihan yang menunjang kemampuan mahasiswa dalam berorganisasi.




8. Kewirausahaan (KWU)

  • Pelatihan kewirausahaan menunjang kemampuan manajerial mahasiswa untuk mengelola koperasi mahasiswa di DTP.

  • Penjualan merupakan kegiatan mahasiswa untuk mendukung kegiatan HIMATEKPAL dalam hal pendanaan kegiatan.



Dengan mengikuti kegiatan kemahasiswaan, maka mahasiswa akan mempunyai nilai plus, sehingga nantinya setelah lulus, mahasiswa tersebut sudah mempunyai bekal untuk dapat terjun di masyarakat, ataupun sebagai bekal dalam bekerja.