PRODI MAGISTER

Magister
Program Magister S2 (Master Degree) Departemen Teknik Perkapalan mendapatkan akreditasi (B) dari BAN-PT untuk kurun waktu 2013-2018. Gelar yang diperoleh lulusan adalah Magister Teknik (M.T). Mahasiswa dinyatakan lulus apabila sudah menempuh total 40 sks lulus yang terdiri dari kuliah wajib, mata kuliah pilihan, penelitian dan penulisan thesis sesuai dengan kurikulum. Beberapa persyaratan yudisium lainnya; skor TOEFL minimal 477, dan jurnal nasional atau seminar internasional. Masa studi program ini normalnya 4 semester (2 tahun) dengan maksimum cuti selama 2 semester berturut - turut.

Perlu diketahui bahwa saat ini Program Magister DTP tergabung ke dalam Program Pascasarjana Teknoogi Kelautan (PPsTK) dengan bidang keahlian Teknik Produksi Material dan Kelautan (TPMK) – Konsentrasi Industri Perkapalan.


TPMK
Bidang Keahlian
- Desain Kapal
- Hidrodinamika
- Konstruksi dan Kekuatan Kapal
- Teknologi Industri dan Manajemen Perkapalan
- Teknik Transportasi Laut



Visi
Menjadikan PPsTK sebagai lembaga sumber dan jaringan (resource and networking institution) pendidikan pascasarjana yang berkualitas dan merupakan pusat penyelenggaraan penelitian dan pengembangan serta sebagai pusat informasi ilmu pengetahuan yang berbasis sains dan teknologi kelautan bagi pembangunan berkelanjutan di lingkungan negara maritim (kepulauan).



Waktu Pendaftaran
Pendaftaran mahasiswa baru program Pasca Sarjana dilakukan sebanyak dua kali setiap tahun, yaitu :




Semester Gasal


Semester Genap

Pendaftaran  
BPPS  
Non BPPS  


Maret - April
Maret - Mei


-
September - Nopember

Ujian  
BPPS  
Non BPPS  


Awal Mei
Awal Juni


-
Desember

Pengumuman  

Pertengahan Juli

Desember


*tanggal menyesuaikan dengan Penerimaan Mahasiswa Baru ITS. Cek disini



Profil Mahasiswa
__________
Mahasiswa Pascasarjana Depatemen Teknik Perkapalan berasal dari berbagai macam latar belakang pendidikan baik S1 maupun D-IV lulusan bidang Teknik Perkapalan dan Teknologi Kelautan (Sistem Perkapalan & Teknik Kelautan), Teknik Mesin, Teknik Sipil, Arsitektur, MIPA, Akademi Pelayaran, Desain Produk, dan berbagai disiplin ilmu lainnya. Mahasiswa Pascasarjana Teknik Perkapalan juga terdiri dari sejumlah praktisi dari berbagai Perusahaan seperti BKI, PELNI, PT. PAL, BTH-BPPT, dan sejumlah galangan nasional (Shipyard).





Informasi lebih lanjut :

Program Magister/Doktor Teknik Perkapalan
Sekretariat Departemen Teknik Perkapalan
Gedung W, Lantai 2
Kampus ITS Sukolilo, 60111
Email : kapal@its.ac.id

Pascasarjana ITS

Program Magister/Doktor
Gedung Pascasarjana
Kampus ITS Sukolilo, Surabaya 60111
Email : ppsits@rad.net.id , ppsits@its.ac.id
Homepage : http://pasca.its.ac.id/