PROFIL LULUSAN

Profil Lulusan

Profi Lulusan dalam hal ini profil lulusan PSSTP adalah sebagai Peneliti, Akademisi, Pengusaha, Praktisi Industri, dan Birokrat.

Profi Lulusan PSSTP dibentuk berdasarkan analisis kebutuhan yang dikaitkan dengan bidang keilmuan program studi berdasarkan visi-misi ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) dan visi-misi PSSTP.

Analisis kebutuhan telah dilakukan dengan mempertimbangkan bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang membutuhkan naval architect yang profesional untuk mendukung industri kelautan. Profil program studi harus disiapkan oleh kelompok studi serupa, yang menghasilkan kesepakatan yang dapat diterima dan menjadi rujukan nasional.

Hal ini sejalan dengan visi-misi ITS dan visi-misi PSSTP. Adapun visi ITS adalah “Menjadi perguruan tinggi dengan reputasi internasional dalam ilmu pengetahuan dan teknologi terutama yang menunjang industri dan kelautan yang berwawasan lingkungan”. Sedangkan misi ITS adalah “Memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengelolaan sistem berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)”. Untuk visi-misi PSSTP adalah “menjadi departemen rujukan institusi pendidikan tinggi di ASEAN pada bidang Teknik Perkapalan”.

Sistem dan prosedur yang dipergunakan untuk menetapkan dan mengevaluasi Profil Lulusan adalah melalui laporan hasil evaluasi profil lulusan yang diterbitkan oleh SAC (Student Advisory Center) ITS dan pertemuan rutin dengan stakeholders (menjelang pergantian kurikulum baru).
Proses review terhadap Profil Lulusan dilakukan terakhir kali pada tahun 2017 dengan mengundang Regulator (Kemenhub dan Badan Klasifikasi), Industri Galangan, Industri Pelayaran, dan Konsultan Desain.