SAMBUTAN KADEP

Sambutan
Kepala Departemen Teknik Perkapalan



Selamat datang di Departemen Teknik Perkapalan (DTP), Fakultas Teknologi Kelautan (FTK), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Melalui website ini, kami ingin menyampaikan kepada pengunjung terkait keberadaan Departemen Teknik Perkapalan yang merupakan salah satu departemen unggulan di ITS.

Beberapa waktu yang lalu tepatnya pada tanggal 10 Nopember 2016, departemen ini merayakan ulang tahunnya yang ke-61 bersamaan dengan ulang tahun ITS yang juga berusia 61 tahun. Usia ini menandakan bahwa departemen ini sudah cukup matang dalam memperkuat jati dirinya sebagai pusat pendidikan tinggi yang telah menghasilkan tenaga profesional sarjana perkapalan.

Sampai saat ini, Departemen Teknik Perkapalan masih menjadi salah satu pilar utama yang menunjang kemajuan bidang perkapalan dan kemaritiman di Indonesia. Peran tenaga pengajar sangat besar dalam menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi yang memadai untuk bersaing di dunia kerja. Mahasiswa Departemen Teknik Perkapalan telah membuktikan mampu berprestasi pada tingkat nasional,  regional, maupun internasional. Hal yang juga membanggakan adalah lebih dari 80% lulusan Departemen Teknik Perkapalan berkiprah di bidang perkapalan dan kemaritiman baik pemerintahan maupun di sektor industri seperti misalnya industri pembangunan dan reparasi kapal, industri pelayaran, oil and gas, konsultan perkapalan, biro klasifikasi,  serta perusahaan lain yang bergerak di bidang maritim. Bahkan beberapa alumni menduduki jabatan-jabatan strategis baik di pemerintahan maupun swasta. Publikasi ilmiah hasil karya tenaga pendidik juga sering menjadi rujukan dan diterbitkan pada jurnal ilmiah internasional.


Untuk calon mahasiswa, kami menyambut Anda untuk bergabung dan mendapatkan pendidikan dalam bidang perkapalan dan kemaritiman terbaik di Indonesia. Dengan kualitas sumber daya pengajar dan manajemen yang dimilili departemen, akan mampu mengantarkan Anda untuk menjadi yang terbaik untuk menyelesaikan persoalan profesional di dunia kerja. Tidak hanya pintar dalam bidang akademis tetapi juga mampu menguasai aspek-aspek lain penunjang kesuksesan Anda pada saat memasuki dunia kerja.



Kami juga menyambut Anda yang hendak menjalin komunikasi dan kerjasama lebih lanjut dalam rangka membangun kemitraan dibidang penelitian, pengajaran,  pengabdian masyarakat maupun yang lain.





Salam,

Ir. Wasis Dwi Aryawan, M.Sc., Ph.D.